Diposkan pada resensi buku, resensi buku linguistik, resensi buku morfologi, resensi buku pelajaran

Resensi Buku Pengajaran Morfologi

RESENSI BUKU

resensi buku morfologi
resensi buku morfologi

Judul                     : Pengajaran morfologi

Penulis                  : Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan

Penerbit                : Angkasa

Kota terbit            : Bandung

Cetakan                : Cetakan pertama 1985

                                 Edisi revisi 2009

Tahun terbit          : 2009

Tebal buku            : v+1901halaman

ISBN                    : 978-979-665-605-2

Buku morfologi sangat penting dipelajarai bagi kita pengguna bahasa terlebih bagi pelajara atau mahasiswa dibidang bahasa. Karena dari kajian morfologi ini kita kan mengerti seluk beluk bentuk kata terhadap golongan arti kata. Dalam buku karangan Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan ini disajikan dengan contoh-contoh yang luas dan mendalam, sehingga siapapaun yang membacanya tidak akan kesulitan untuk memahaminya. Adapun ulasan tentang isi buku ini sebagai berikut:

Pada Bab I berjudul Pendahuluan. didalam pendahuluan pada halaman 1 sampai 24 terdapat pengantar yang disajikan sangat detail dan ringkas dan mengkerucut pada apa yang akan di banas lebih dalam. Kemudian membahasa tentang pengertian marfologi, marfem dan kata, tentang deretan marfologi, tentang pengenalan morfem dengan aneka prinsip pengenalan marfem beserta latihannya. Dan terakhir hirarki kata. Semua sub-sub tersebut disajikan dengan menarik karena diakhiri dengan rangkuman berbentuk diagram lingkaran pie yang sangat menarik dan mudah difajami.

Pada Bab II berjudul Marfofonemik. Dalam bab dari halaman 26 sampai 58 juga terdapat pengantar namun hanya sebatas penegasan tentang poin-pin yang akan dibahas saja. Pembahasanya diperdalam mulai tentang pengertian morofofonemik, proses perubahan fonem, tentang proses penambahan fonem dan proses penanggalan fonem. Terdapat juga kaidah marfofonemik yang dikupas tuntas dan mendalam denan ringkasan diagram lingkaran pie. Sangat pas sekali bagi pelajar atau siapa sajah yang ingin mendalami kajian bahsa, karena dari bab ini pembaca akan diberikan pemahaman tentang morfonem.

Pada Bab III berjudul Morfologi Kata Kerja. Pada halaman 60 sampai 142, yang dibahas sistematis mulai dari pengantar, pengertian, Selanjtnua tentang kata dasar kata kerja, kata dasar kata benda, kata dasar kata keadaan, kata dasar kata bilangan, dan yang terakhir pada tentang kata dasar kata ganti orang, dengan model penyajian yang mendalam dengan rumus-rumus sederhana dan mudah difahami, juga terdapat rangkuman berbentuk diagram lingkaran pie, ditambah dengan banyaknya contoh-contoh dan latihan menambah pemahaman tentang bagaimana pembentukan kata menjadi kta kerja.

Pada Bab IV berjudul Marfologi Kata Benda. Berawal dari halaman 144 dengan pengantarnya, lalu mengupas tuntang dari pengertian morfologi kata benda selanjutnya kata dasar kata benda, kemudian tentang kata dasar kata kerja, kata dasar kata bilangan dan kata dasar kata ganti orang, dan terakhir tentang kata benda dan bentuk kepunyaan dengan model penyajian yang runtut dengan memperbanyak contoh dan latihan. Dengan banyaknya contoh dan latihan pada buki ini, pembaca akan mudah memahami tentang bagaimana pembentukan kata yang menghasilkan kata benda.

Pada Bab V berjudul Morfologi Kata Keadaan. Pada halaman 163 sampai 172 yang diawali pengantar, pembahasan morfologi kata keadaan dalam buku ini sangat sistematis dan rinci, dimulai dari pengertian morfologi kata benda, kemudian tentang kata dasar kata keadaan, dan kata dasar kata benda dengan model penyajian tulisan yang detail dengan memperbanyak contoh-contoh dan latihan. Dari pembahasan morfologi kata keadaan ini pembaca akan dimanjakan oleh pengetahuan tentang semua pembentukan kata yang menghasilkan kata keadaan.

Pada Bab VI berjudul Morfologi Kata Bilangan. Pada halaman 174 sampai 178 membahasa tentang pengertiannya kemudian kata dasar kata bilangan, kata dasar kata benda, dan kata dasar kata benda. Dengan pendalaman bentuk-bentuknya, dari pembahasan ini pembaca akan mengetahui apa saja pembetukan kata yang menghasilkan kata bilangan baik bilangan pokok, tingkat maupun pecahan.

Pada Bab VII berjudul Konversi. Dimulai dari halaman 180 sampai 190 yang dikupas tuntas dari pengertian, lalu tentang konversi kata dasar kerja, konversi kata dasar benda-nya. Memahami konverensi dalam bahasa sangat penting. Karena dari pemahaman konverensi kita akan tahu perubahan kata dasar satu jenis kata menjadi kata lain akibat penambahan satu afiksi.

Kesimpulan dari pembahasan yang terdapat pada buku ini adalah merupakan buku yang menarik unuk dibaca bukan hanya untuk kalangan pelajar saja. Dimana didalamnya mengupas tuntas tentang morfologi atau bentuk perubahan kata dasar yang bisa menjadi kata kerja, benda, keadaan, dan kata bilangan.

Kelebihan dari buku ini adalah penyajiannya sangat sistematis dan terperinci dengan baik, memiliki daya tarik terlebih disuguhkan dengan rangkuman yang berbentuk diagram lingkaran pie yang disertai contoh-contoh dan latihan. Adapun kekurangannya adalah isi dari buku ini hanya berwarna hitam putih, hal ini juga bisa dijadikan kritikan. Dari kekurangan itu saya menyarankan agar lebih menarik lagi untuk dibaca, kiranya isi buku ditampilkan dengan kertas berwarna.

Semoga dari resensi ini bisa memberikan informasi bagi pecinta membaca, terutama yang berkaitan dengan bahasa.

terimakasih atas kunjungannya 🙂

Iklan

Penulis:

cantik simple apa adanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s