Diposkan pada baju batik bola, batik cirebon, batik indramayu, fashion

Mengenal batik majalengkah dengan lima motif andalan

Pernah anda mendengar kota majalengkah?

Setelah kemarin saya ulas tentang batik Indramayu dan Cirebon, sekarang yuk kita intip adakah batik di kota sebelah ini yang mayoritas penduudknya adalah orang sunda.  Majalengka sendiri terkenal dengan kota angin dengan bendungan rentang yang besar dan indah dengan tamannya yang luas menyedot pengunjung dari berbagai kota.   Saya sendiri yang kebetulan berdekatan dengan kota ini sangat mengagumi keindahan tempat itu, karena disamping bendungan sungai yang fungsional, itu merupakan tempat yang nyaman dan indah untuk rekreasi.

Majalengkahpun ternyata memproduksi batik, meskipun belum seterkenal batik rusmi di Cirebon dan belum diproduksi secara masal.  Namun batik Majalengkahpun memeiliki khasnya sendiri. Pemerintah Kabupaten Majalengka Jawa Barat menetapkan 5 motif batik sebagai ikon daerah yang mewakili sejumlah produk etnik unggulan wilayah tersebut.  Kelima motif batik yang telah lama dikembangkan di Majalengka adalah motif kota angin, simbarkencana, nyi rambut kasih, laut ngibing, dan motif mangga gedong gincu.

batik kta angin, majalengkah
batik kta angin, majalengkah
kota angin majalengkah
kota angin majalengkah
motif gedong gincu , majalengkah
motif gedong gincu , majalengkah
motif lauk ngibing majalengkah
motif lauk ngibing majalengkah
motif nyi rambut kasih majalengkah
motif nyi rambut kasih majalengkah

Secara filosofis motif batik memiliki nilai seni dan budaya yang kental sehingga dengan adanya batik ini pemerintah punya harapan agar dari batik ini majalengkah mudah dikenal masarakat luas.

Demikian informasi tenang batik dari saya, mudah-mudahan bermanfaat 🙂

Penulis:

cantik simple apa adanya

5 tanggapan untuk “Mengenal batik majalengkah dengan lima motif andalan

Tinggalkan komentar