Diposkan pada cerpen, CURHATAN, DEARY, DISKUSI TERPIMPIN, Mata kuliah belajar dan pembelajaran bahasa arab MA, MATA KULIAH MA, pelajaran MA

Agenda Diskusi Terpimpin Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Bahasa Arab MA

Hari ini adalah hari ke-dua diskusi Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Bahasa Arab MA yang dipegang oleh dosen pengampu Hasan Saefulloh,MA. Mata kuliah pak Hasan ini identik dengan analisis, memang tak heran karena dosen pengampunya memang seorang penulis buku ajar Bahasa Arab MTs maupaun MA.  MK (mata kuliah)-nya pun diisi dengan analisi tujuan (setandar kompetensi) SK-(kompetensi dasar) KD 2008 dan (kompetensi inti) KI- (kompetensi dasar)K D 2013.

Kata mumet jlimet memang selalau terlontar dari teman-teman seperjuangan ketika menghadapi MK tersebut. tapi banyak juga pengalaman baru yang diambil, karena disamping memang mumet konsep pembelajaranyapun harus aktif dan kreatif dalam menyajikan diskusinya. Pak Hasan-pun melontarkan misi yang unik yaitu : “al-prosesu ahammu minal hasil” dimana ahammu dalam bahasa Arab berarti lebih penting, dimana proses yg dimaksud adalah mahasiswa berperan aktif dalam diskusi.  Sehingga semua yanga ada di dalam kelas bisa mengutarakan pendapat masing-masing.  Sampai  mengantarkan kami kelompok tiga pada tugas diskusi tentang telaah dan analisis KI-KD.

Perjalanan diskusi kami dimulai dari hari jumat 20 februari kemarin, dimana jendre diskusi kami adalah diskusi terpimpin yang diketuai oleh kaka senior yang ikut nimbrung di MK kami. ini diah orangnya:

diskusi terpimpin
diskusi terpimpin

Hari jumat kemarin kami ditugaskan oleh pak ketua untuk mencari tujuan-tujuan yang dikaitkan dengan KI-KD yang di telaah dengan taksonomi bloo.  Kemudian hari ini mengemukakan masing-masing anggota kelompok dari penemuan tugas tersebut.  Sebagai ketua tentu bertugas mendengarkan pemaparan dari anggota kelompok satu persatu lalau dibahas bersamaan.

Diskusi-pun berjalan dengan sengit.  Sampai-sampai bingung sendiri cara merangkai dalam makalahnya.

dan diskusi ini belim menemukan ending-nya

diskusi terpimpin
diskusi terpimpin

Penulis:

cantik simple apa adanya

3 tanggapan untuk “Agenda Diskusi Terpimpin Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Bahasa Arab MA

Tinggalkan komentar