Diposkan pada aturan dalam mind map, cara membuat mind map, media pembelajaran min map, mind map sebagai media pembelajaran MTS dan MA

Belajar Mencari Kesalahan Untuk Kebenaran Dari Mind Map

Hi guyz ceritaku ini persisnya minggu lalu 15 April 2015, pada agenda mata kuliah materi bahasa Arab MA.  Dalam mengkaji materi MA kami disajikan dengan buku ajar karangan dosen pengampu kami sendiri, dimana setiap bab-nya kami sajikan dengan media mind map.  Seperti aturan yang harus dipenuhi untuk membuat mind map yang telah saya jelaskan pada https://eenendangsarielmuhyiblog.wordpress.com/2015/04/20/belajar-membuat-mind-map-sesuai-aturan/ , kami berusaha memenuhi aturan itu.  Namun tak kala penting dari cara membuat mind map yang telah dijelaskan tersebut, mind map juga memiliki aturan. Menurut Tony Buzan hal ini agar mind map yang dibuat memberikan manfaat yang optimal.  aturan-aturan tersebut adalah :

1. Kertas:  aturan kertas ini jika teman-teman membuatnya manual tidak melalui aplikasi.  Yakni kertas polos sebaiknya dengan ukuran A3 atau paling tidak A4 dengan menaruh central ditengah tengah kertas dan sedapat mungkin terdapat image dengan minimal dengan 3 warna yang berbeda.

2. Garis: garis lebih tebal untuk BOIs, selanjutnya semakin jauh dari pusat garis maka harus semakin tipis. Garis harus melengkung dengan panjang yang sama dengan membubuhkan kata atau image diatasnya. Seluruh garis harus tersambung ke pusat.

3. Kata :  menggunakan kata kunci saja dan hanya satu kata dalam satu garis, Harus menggunakan huruf cetak supaya lebih jelas dengan besar huruf  yang semakin mengecil untuk cabang yang semakin jauh dari pusat.

4 Image : gunakan sebanyak mungkin gambra, kode, simbol, grafik, table, dan ritme agar lebih menarik dan mudah difahami.

5. Warna : gunakan minimal 3 warna bahkan lebih baik 5-6 warna. Warna berbeda untuk setiap BOIs dan warna cabang harus mengikuti warna BIOs. Hal ini akan lebih mudah jika dengan apilikasinya.

6. Struktur : menggunakan struktur radian dengan sentral topic terletak ditengah-tengah kertas, selanjutnya cabang-cabangnya menyebar ke segala arah.  BOIs umumnya terdiri dari 2-7 buah yang disusun dengan arah jarum jam dimulai dari arah jam 1.

Dari cara membuat dan aturan-aturan yang harus dipenuhi tersebut kami berusaha untuk memenuhinya.  Dalam mempelajari mind map di mata kuliah tersebut kami terbagi menjadi bebberapa kelompok, dan kebetulan saya beserta tiga rekan saya mendapatkan tugas membuat media mind map dari setiap judul materi dari buku MA karangan pak Hasan Saefuloh, M.Ag  kelas XI.  Pada saat itu kebetulan kami mendapatkan judul مرافق العامة  (fasilitas umum)  dengan membuat media mind map dari teks percakapan maupun teks uraian, kami dituntuk untuk berimprofisasi untuk mengembangkan materi tersebut.  Dalam artian tidak terpaku pada teks, melainkan harus mengembangkan dari apa yang tertera pada teks.

Dari perintah tersebut,  rekan saya yang bernama Yosep membuat mind map berikut:

contoh mind map yang salah
contoh mind map yang salah

Dari mind map tersebut memang sudah memenuhi unsur-unsur yang erdapat pada teks bacaan dalam buku ajar tersebut. Namun jika kita lihat dari unsur atau aturan yang terdapat pada mind map, contoh mind map tersebut masih kurang memenuhi aturan. Lihat sajah turunan dari center topik harusnya merupakan sub sub bab turunan dari judul yang terletak pada center topik tersebut. Jika pada mnd map tersebut  yang dimaksud ingin menjelas kan beberapa contoh fasilitas umum seperti rumah sakit, jalan umum, masjid dan sekolah, maka yang harus kita lakukan adalah beberapa contohtersebut masuk pada kategori apa yang mewakilinya?.  Maka dengan demikian contoh-contoh fasilitas umum tersebut  saya memasukannya pada انواع kategori  (jenis-jenis-nya).  Atau apa sajah kategori yang bisa mewakilinya.   maka dari judul bab tersebut saya membuat mind map dengan center topik مرافق العامة   dengan BOIs dimuali dari التعريف , الانوعه , الفوائد , الواجب.  kemudian diteruskan dengan turunan-turunan seperti mind map berikut:

المرافق العامة mind map
المرافق العامة mind map

Memang mind map yang saya buat-pun masih jauh dari sempurna, namun setikanya dari kesalahan-kesalhan kami nantinya akan mendapatkan kebenaran sesuai aturan mind map.

Sekian informasi dari saya. Mudah-mudahan pembaca tertarik untuk mempelajarinya.

terimakasih atas kunjungannya

salam blogger 🙂

Iklan

Penulis:

cantik simple apa adanya

2 tanggapan untuk “Belajar Mencari Kesalahan Untuk Kebenaran Dari Mind Map

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s